Banner

Wujudkan Ketahanan Pangan, Pemdes Panimbang, Budidaya ikan lele

Redaktur
Senin, Juli 08, 2024
Last Updated 2024-07-09T05:13:48Z
Premium By Raushan Design With Shroff Templates

Kepala Desa Panimbang bersama Forkompimcam Cimanggu secara simbolis melakukan penebaran benih lele di kolam Dusun Cikadu Desa Panimbang melakukan Kecamatan Cimanggu, Senin.(8/7/2024).


CIMANGGU-Pemerintah Desa Panimbang Kecamatan Cimanggu, Cilacap bersama kelompok tani desa setempat melaksanakan kegiatan pembukaan kolam Budidaya ikan lele ditandai dengan penebaran benih ikan lele.Senin (8/7/2024).

Penebaran benih ikan dilaksanakan di dua lokasi Camat Cimanggu bersama unsur Forkompimcam Cimanggu, BPD,PPL Pertanian, Perangkat desa,Kelompok Tani dan warga desa setempat.

Camat Cimanggu Bambang Tutuko dalam sambutannya mengatakan, pemerintah mengucurkan Dana Desa (DD) ke sejumlah desa di Cilacap, untuk berbagai kegiatan Pemerintahan desa.

Salah satunya DD wajib untuk program ketahanan pangan dan hewani paling sedikit 20 persen, seperti di dialokasikan untuk sektor pertanian dan perikanan.

"Alokasi untuk ketahanan pangan dan hewani itu wajib direalisasikan. Sebab, sudah ketentuan dari pemerintah pusat,”ucapnya.

Oleh karena itu Bambang menyampaikan apresiasi kepada Pemdes Panimbang yang telah merealisasikan program ketahanan pangan melalui budidaya ikan lele.


Dia berharap melalui budidaya ikan lele dapat memberi manfaat kepada warga dan berdampak pada peningkatan ekonomi maupun perbaikan gizi masyarakat.

Kepala Desa Panimbang Jatmiko menjelaskan, Budidaya ikan lele tersebut merupakan wujud program ketahanan pangan yang berasal dari Dana Desa (DD) dengan membentuk kelompok budidaya lele yang sebelumnya telah mengikuti pelatihan.

Kemudian Tujuan dibentuknya kelompok budidaya ikan lele ini adalah untuk memberdayakan ketahanan pangan yang ada di Desa Panimbang.

Dikatakan Budidaya ikan lele dan Penebaran benih dilaksanakan di Lahan Kas Desa (LKD) berlokasi Di Dusun Cikadu Rt.3 Rw.9 berjumlah 4 kolam masing-masing kolam berukuran 3x8 meter kedalaman 1 meter di kelola kelompok tani Koleci.

Lokasi Kedua di Dusun Cikondang Rt.2 Rw.2 ada 6 kolam masing-masing kolam berukuran 3 x 6 meter dan dengan kedalaman 60 sentimeter di kelola kelompok tani Suralele.

" Hari ini ada kami tebar 8000 benih ikan lele dan pakan sebanyak 720 kilogram jumlah kolam 10 dengan alokasi anggaran keseluruhan sebesar Rp 35 juta" ungkapnya. (red)


iklan
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Stars Rally to Beat Predators in Winter Classic at Cotton Bowl

Portal Karangpucung